Wednesday, October 2, 2013

Group's Event: Reading Challenge #2

Oke ini adalah catatan kaki mengenai Reading Challenge kedua di grup “Penggemar Novel Fantasi Indonesia” yang dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 1 sampai 30 September 2013 dengan saya sendiri sebagai host-nya.

Kita mulai darimana? Format acara Reading Challenge. Setiap Reading Challenge memiliki perbedaan, tapi dengan dasar yang sama: membuat review atas buku yang sudah ditentukan untuk dibaca. Jadi, event ini dibuat untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi para penggemar novel fantasi supaya mereka tidak hanya gemar membeli novel tebal dan membacanya saja, yang sepertinya semua orang bisa lakukan. Mereka ditawarkan untuk membuat review atau ulasan tentang apa yang mereka baca, tentu saja dengan subjektivitas mereka masing-masing yang dapat mengasah tingkat kreativitas individunya. Menarik bukan?

Selanjutnya adalah pemilihan novel fantasi untuk bahan ulasan. Hal ini penting karena setiap individu memiliki kegemaran sendiri tentang jenis novel fantasi yang mereka baca. Dan untuk RC kedua ini, sudah disepakati untuk memilih novel fantasi lokal sebagai bacaan untuk di-review. Mengapa? Karena tidak banyak yang tahu novel fantasi lokal itu seperti apa; bagaimana cerita dan rasa  yang disuguhkan para penulis lokal. Selain itu, dalam event RC pertama sudah dilaksanakan untuk membaca novel fantasi luar negeri. Dan novel yang terpilih untuk RC kedua ini adalah Planetes karya Ziggy Zee.


Planetes by Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Setelah kedua hal itu disepakati, RC pun dilaksanakan dengan harapan setiap individu mengikuti acara tersebut. Tapi sayang begitu sayang, hingga hari ke-dua puluh enam baru ada tiga individu yang menyetor hasil review mereka. Hingga host memberi penegasan apabila hingga deadline pengumpulan review hanya berjumlah lima atau kurang dari lima maka event terpaksa dibatalkan. Hal ini tentu aneh mengingat adanya hadiah yang harusnya menarik minat. Apa yang salah?

Pada batas akhir pengumpulan review, akhirnya ada enam individu yang mengikutinya dan otomatis acara tidak jadi dibatalkan. Syukurlah... Berikut ini review mereka berenam:

Setelah review terkumpul, selanjutnya adalah tahap penjurian. Ah! Saya lupa tentang para juri. Para juri adalah juga anggota grup yang berperan aktif dalam dunia perbukuan baik di dalam maupun di luar kehidupan maya mereka. Ada tiga orang juri dengan satu juri adalah pemenang dari RC sebelumnya.

Juri telah memberi penilaian mereka dan host telah menghitung totalnya. Pemenangnya adalah:
1. Gita Savitri Putri (257 poin)
2. Maryana Ulfah (251 poin)
3. Ambu Dian (243 poin)

Wow! Selamat kepada para pemenang! Juara pertama, kedua, dan ketiga masing-masing akan mendapatkan hadiah novel: Outcast of Pride karya Maximilian Surjadi, The Apuila's Child karya Ruwi Meita, dan Bara Aksadewa karya Mahfudz Asa. Silakan hubungi mas Dion Yulianto untuk pengambilan hadiah. Oh iya, untuk para pemenang dimohon untuk membuat review dari novel yang kalian dapat dan kirim ke mas Dion.

Acara ini terlaksana berkat para admin grup Penggemar Novel Fantasi Indonesia, para juri dan sponsor yang telah menghibahkan novelnya sebagai hadiah untuk Reading Challenge kali ini. Dan tidak lupa untuk Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie untuk novelnya yang sangat fantasi.

Ada sedikit catatan dari sponsor melalui mas Dion Yulianto tentang novel fantasi lokal Indonesia:
"Terima kasih kepada teman-teman semua yang sudah berpartisipasi dalam RC kali ini. Tidak lain tidak bukan tujuan saya memilh Planetes sebagai RC adalah untuk mengenalkan pembaca pada karya-karya penulis lokal agar mindset kita tidak dikuasai novel2 terjemahan asing.
Dengan begini, penulis pasti mendapatkan banyak sekali saran dan masukan di Goodreads dan blog. Sudah berkenan untuk membaca saja kami sudah berterima kasih, apalagi membuat-kan review-nya, apapun itu, kami sangat berterima kasih karena telah mencicipi Planetes. Semoga tidak kapok lagi ya kalau dapat RC lagi dari DIVA.
Hidup fiksi fantasi dalam negeri!"

Review dari host dan juri:

No comments:

Post a Comment